DAFTARKAN DIRI ANDA DI PRESIDENTIAL SCHOLARSHIP SEBELUM 14 APRIL 2014

Apa itu Presidential Scholarship ???
Presidential Scholarship merupakan program beasiswa prestisius atas inisiatif Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang diberikan pemerintah Indonesia bagi warga negara Indonesia untuk menempuh jenjang pendidikan magister (S-2) dan doktor (S-3) di perguruan tinggi di luar negeri. Pendaftaran Presidential Scholarship angkatan pertama. Program ini merupakan program yang pertama, berguna untuk mencetak SDM yang berkualitas ditahun mendatang.



Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah pengelola dalam proses pendaftaran dan sekaligus sebagai manajemen pengelolaan Presidential Scholarship.
sebelum mendaftar, calon pelamar Presidential Scholarship terlebih dahulu harus telah diterima di perguruan tinggi luar negeri yang masuk peringkat 50 perguruan tinggi terbaik di dunia. Mereka juga harus memiliki nilai TOEFL IBT minimal 94, atau nilai IELTS minimal 7. ini dikatakan oleh Mokhamad Mahdum selaku Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP.

Apa Tujuan dari  Presidential Scholarship ???
 Presidential Scholarship bertujuan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkemampuan mumpuni dalam berbagai bidang, khususnya untuk menyambut Indonesia emas tahun 2045, 100 tahun kemerdekaan Indonesia,” jelas Mahdum saat jumpa pers di kantor Kemdikbud, Jakarta, (26/2/2014).

bagi pelamar program magister, maksimal berusia 35 tahun, sedangkan pelamar program doktor maksimal berusia 40 tahun pada tanggal penutupan pendaftaran, yaitu 14 April 2014. Beberapa bidang yang menjadi prioritas program studi dalam Presidential Scholarship adalah teknologi, energi, pangan, ekonomi, hukum, pertahanan, budaya, hubungan internasional, dan ekonomi kreatif. “Target peserta adalah 100 orang per tahun,”Mahdum menjelaskan. 

proses seleksi akan berlangsung dalam tiga tahap yaitu :
1. administrasi
2. wawancara (termasuk di dalamnya leadership group discussion)
3. pelatihan kepemimpinan selama 40 hari
Dalam proses seleksi, tim panelis dan tim juri yang akan melakukan penilaian.

Mahdum menjelaskan bahwa Tim panelis terdiri dari profesor-profesor dari Ditjen Dikti dan psikolog. 
Sedangkan tim juri terdiri dari perwakilan tentara, pemerintah, kaum profesional, dan tokoh masyarakat. dengan demikian proses seleksi bisa mendapatkan orang-orang yang benar-benar berkualitas, harapannya.

Dalam hal ini Presiden Republik Indonesia akan terlibat minimal dua kali dalam kegiatan Presidential Scholarship: 
1. saat pembukaan program pelatihan kepemimpinan. Dalam pembukaan tersebut, Presiden RI akan memberikan     kuliah umum presiden (presiden lecture). 
2. saat pelepasan para penerima beasiswa untuk berangkat ke kampusnya masing-masing di luar negeri.

Jadwal Kegiatan yang dilakukan Presidential Scholarship :
1. Pelatihan kepemimpinan akan berlangsung pada 20 Mei 2014
2. pelepasan oleh presiden pada 18 Agustus 2014
3. Peluncuran Presidential Scholarship akan diresmikan langsung oleh Presiden SBY saat Silaturahim Bidikmisi           Nasional pada 26 Februari 2014 di Jakarta

dan untuk Informasi lebih lanjut mengenai Presidential Scholarship dan LPDP. berikut informasi yang dapat saya sampaikan, bagi anda yang berminat segera daftarkan diri anda sebelum tanggal 14 April 2014.
Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library