SINKRONISASI ALA MAS IRFAN NUR ARIFANI

Sekarang sudah tanggal 12 februari 2014, waktu limit sinkronisasi tinggal 4 hari lagi Operator Sekolah dibuat pusing dengan adanya masalah ini, berikut solusi yang ditulis oleh mas Irfan Nur Arifani tentang permasalahan sinkronisasi :



1. Bila di Update Log Sinkronisasi pada dapodik anda muncul jam mulai, selesai dan selisih, maka hal tersebut bisa menjadi patokan awal bahwa anda berhasil sinkron. tapi masih harus dicocokkan dulu dengan profsek di info pendataan.

2.Bila ada keterangan sinkron gagal, atau Server dalam perbaikan, maka sudah pasti gagal. silahkan coba lain waktu. Bila sudah dicoba berulang-ulang tapi tetap gagal, silahkan ganti Kartu / provider anda. Yang jelas jangan gunakan kartu three (3), bukan mendiskreditkan, namun berdasarkan informasi, saat ini kartu three tidak bersahabat dengan dapodik, kalau untuk cek tunjangan PTK masih bisa.

3 (a) Bila hanya muncul jam mulai, TANPA selesai dan selisih ATAU (b) ada keterangan berhasil saat sinkron, tapi tdak muncul mulai, selesai dan selisih, ATAU (c) bila Setelah disinkron dan dinyatakan berhasil, namun setelah direload data tabel tetap ada maka silahkan buka Profil Sekolah pada serverhttp://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/profsek/show/(kode_alamat_Skolah_anda) dan lihat data yang tersimpan di server. Bila riwayat sinkronisasi sudah tertera sesuai dengan saat-saat anda sinkron, maka bisa dikatakan aman. Langkah selanjutnya coba cocokkan data ptk, siswa, dan kelas (yang terbaru dientri) apakah sudah masuk. 

Saat ini entah mengapa Update Log sinkronisasi pada layar aplikasi dan riwayat sinkron pada info pendataan tidak klop, mungkin terkendala besarnya trafik yang masuk ke server atau kendala teknis lainnya. 

Oleh karenanya bila anda mengalami seperti point nomor 3 diatas, maka jangan buru-buru memvonis sinkron berhasil atau gagal, coba cek dulu di server pendataan.

Tambahan, Bila riwayat sink sudah muncul di info pendataan, namun data PTK, Siswa, atau rombel belum berubah maka harap ditunggu dalam tempo 1 - 2 jam (seharusnya sih sampai 24 jam), beri kesempatan pada server untuk mengupdate data anda. Bila sudah lebih dari waktu tersebut, bisa jadi data yang anda kirim masih nyangkut (belum sempurna), oleh karenanya sync lagi, lagi, dan lagi. 

Sebagaimana tertera pada lembar info PTK. LAKUKAN SINCRONISASI SETIAP ADA PERUBAHAN DATA (walau hanya menambah atau mengurangi titik pada SK misalnya). Dikutip secara tidak langsung dari posting dari kang Nunu Nugraha , kegagalan proses sinkron maupun kesalahan entri data pada dapodik bukan berarti kiamat, namun tidak cairnya tunjangan TW 1. 

Satu lagi masukkan dari mas Yulian Cahyo Hadi Saputro , informasi PTK di lembar cek tunjangan dikdas bukan diambil dari data terakhir kita syncron, tapi diambil dari saat kita klik bulan keaktifan PTK di aplikasi dapodik yang tersimpan di tabel ptk_terdaftar, khususnya pada field last_update bukan last_sync. (yang hobi utak-atik database dapodik pake navicat dan sejenisnya pasti paham). Jadi kesimpulannya pada paragraf ini, mau kapanpun anda sinkron, data di lembar info PTK tidak akan berubah pada bagian paling atas (tanggal updatenya). 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kalau berdasarkan pemahaman saya, buka penugasan pada PTK, hilangkan centang pada bulan feb dan maret lalu simpan. kemudian centang lagi keaktifan bulan feb dan maret lalu simpan lagi, dengan demikian field last_update pada tabel ptk_terdaftar akan berubah dengan tanggal yang baru. 

Bagaimana bila sudah dilakukan langkah tersebut lalu data di info PTK belum berubah juga? biarin aja karena saat ini delay proses update data antara server pendataan dan replikasi P2TK adalah 8 HARI. (masih dari sumber mas Yulian CHP)

Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar atas adalah SS dari aplikasi dan gambar bawah adalah riwayat sink pada profsek di info pendataan. Catatan, Semua sinkronisasi sudah dinyatakan berhasil pada aplikasi dapodik, kecuali yang berwarna hijau

Tanda merah, adalah tanda berhasil sinkron (ada waktu selesai).
Tanda biru, sinkron yang tidak berhasil (tidak ada waktu selesai)
Tanda hijau, sinkron yang memang saya batalkan (hanya muncul waktu mulai, tidak ada waktu selesai, dan pada riwayat di profsek tidak ada)
Tanda Hitam, Sinkron dinyatakan berhasil pada aplikasi namun update log tidak muncul tapi datanya muncul di riwayat profsek)

demikian tulisan yang di sampaikan oleh mas Irfan semoga bisa dipahami dan dimengerti serta dapat membantu rekan-rekan Operator Se- Nusantara .

2 comments:

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library