PREDIKSI SOAL CPNS 2014 TERDIRI DARI TKD DAN TKB


Bagi para calon Pelamar CPNS 2014 ada baiknya menyimak sedikit tulisan ini untuk dapat memahami tentang soal-soal yang kemungkinan digunakan dalam Tes penerimaan CPNS 2014. Nah berikut ini penjelasan tentang TKB atau Tes Kompetnesi Bidang. Kita belum tahu format ujian CPNS 2014 ini seperti apa. Ini hanya sebuah Prediksi yang mengacu pada soal tes tahun yang lalu, Tahun 2013 dimana salah satu materi ujiannya adalah TES KOMPETENSI BIDANG.  ada dua jenis soal yang digunakan pada soal CPNS tahun 2013 yaitu Test Kompetensi dasar (TKD) dan Test Kompetensi Bidang (TKB). 


Test Kompetensi Dasar (TKD) meliputi :
  1. Test Wawasan Kebangsaan
  2. Test Intelegensi Umum
  3. Test Karakteristik Pribadi
Lalu seperti apa Test Kompetensi Bidang ?
Bagi calon peserta ujian, siapkan diri anda dan sesuaikan dengan bidang pilihan anda, berikut beberapa bidang yang menjadi bahan ujian Test Kompetensi Bidang, pilih salah satu di bawah dan persiapkan mulai sekarang untuk mempelajari bidang yg anda pilih :
 1. TKB Agama Islam
 2. TKB Agama Kristen
 3. TKB Tenaga Kependidikan
 4. TKB Olahraga
 5. TKB LIPI (Penelitian)
 6. TKB Tenaga kesehatan
 7. TKB Kelautan & Perikanan
 8. TKB Pertanian
 9. TKB Ekonomi Syariah
 10. TKB Keuangan
 11. TKB Administrasi Negara
 12. TKB Sosial Budaya dan Pariwisata
 13. TKB Peradilan Indonesia
 14. TKB BPOM dan Farmasi
 15. TKB Arsip dan Perpustakaan
 16. TKB Akuntansi
 17. TKB Kehutanan
 18. TKB Statistik dan Kependudukan
 19. TKB Pertanahan
 20. TKB Luar Negeri
 21. TKB Ekonomi dan Perdagangan
 22. TKB Lingkungan Hidup
 23. TKB Biologi
 24. TKB Hukum dan Perundangan
 25. TKB Pembangunan & Kerakyatan
 26. TKB Teknologi Informasi
 27. TKB Tenaga Kerja & Industri
Test Kompetensi Bidang ini sifatnya lebih spesifik sesuai bidangnya masing-masing. Bagi anda yang mendaftar CPNS untuk di bagian kementerian keuangan misalnya, maka anda harus menguasai Bidang Keuangan tersebut. Kalau misalkan mendaftar CPNS di kementerian pertanian, maka anda harus menguasai bidang pertanian. Jadi Test Kompetensi Bidang ini materinya sesuai dengan bidang yang di pilihnya. Test Kompetensi Bidang di lakukan setelah peserta lulus ujian Test Kompetensi Dasar, dan biasanya di lakukan beberapa tahap seperti : ujian tertulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktek untuk bidang-bidang tertentu yang memerlukan ujian praktek.
Nah demikian penjelasan tentang jenis soal yang mungkin bisa menjadi acuan dalam pembelajaran soal-soal untuk menyambut Tes seleksi CPNS tahun 2014. Semoga dengan belajar berdasarkan acuan soal ini rekan-rekan akan dimudahkan dan memperoleh keberuntungan untuk tahun ini.

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library