MENDIKBUD PANTAU PENDISTRIBUSIAN BUKU KURIKULUM 2013 YANG BELUM SAMPAI KESEKOLAH-SEKOLAH

Kabar terbaru yang bersumbur dari KEMDIKBUD Kemarin pada Sabtu , (19/07/2014) Mohammad Nuh sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) melakukan kunjungan di Gudang PT. LONGPOS dalam rangka memantau pengiriman buku kurikulum 2013 ke sekolah-sekolah diseluruh Indonesia yang sampai saat ini belum menerima Buku Kurikulum 2013 tersebut.

Dalam Kunjungannya tersebut Muhamad Nuh, Mendikbud menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan Kemendikbud agar pada tanggal 4 Agustus mendatang sekolah sudah menerima buku kurikulum 2013, karena pada tanggal tersebut merupakan awal hari efektif belajar.  Upaya-upaya tersebut adalah 
1. Memberikan CD buku
2. Mengunggah file pdf buku di laman rumah belajar Kemdikbud yang beralamat di http://belajar.kemdikbud.go.id .
Pada penyelenggaraan lelang tender pengadaaan buku beberapa waktu yang lalu ada Sebanyak 31 penyedia pengadaan buku yang dilakukan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

Setelah melakukan kunjungan di gudang pengiriman buku, di Cibitung, Bekasi, Mendikbud Mohammad Nuh juga mengunjungi percetakan buku Kurikulum 2013. Kunjungan tersebut dimaksudkan agar percetakan tidak berhenti untuk mencetak buku Sehingga jumlah 245 juta eksemplar buku untuk implementasi Kurikulum 2013 segera terselesaikan sesuai dengan jadwal, sehingga pendistribusiannya pun tidak mengalami suatu kendala. Karena sampai saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang belum menerima buku kurikulum 2013 tersebut. Percetakan yang dikunjungi Muh. Nuh adalah percetakan PT Gramedia di Jakarta.

Mendikbud mengakui ada percetakan yang kapasitasnya terbatas, kehabisan bahan baku, hingga ada percetakan yang menunggu mencetak setelah menerima order pesanan. Sedangkan terkait kondisi pelatihan guru yang tidak merata, Muh Nuh menjelaskan ada beberapa Permasalahan dalam pelatihan guru yaitu : 
1. Guru yang diundang untuk mengikuti pelatihan berhalangan akibat cuaca dan keluarga. 
2. Anggaran pelatihan yang sudah disiapkan pemerintah daerah belum cair, sehingga baru sebagian yang dilatih atas biaya pusat atau Kemdikbud.
Dengan adanya penjelasan Mendikbud tersebut memberikan pencerahan bagi sekolah-sekolah diseluruh Indonesia tentang apa sebenarnya yang terjadi dilapangan terkait dengan pendistribusian buku kurikulum 2013 dan pelatihan guru yang mengalami sedikit kendala. Semoga pada hari efektif belajar Pada tanggal 4 agustus 2014 nanti buku-buku kurikulum 2013 tersebut benar-benar sudah sampai disekolah-sekolah diseluruh Indonesia.


Sumber : http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library