ALUR VERVAL PTK

Dalam pengerjaan Dapodik seharusnya yang aktif bukan hanyaseorang Operator Sekolah saja, akan tetapi PTK juga dituntut juga untuk aktif dalam mengawal data pribadi PTK karena kalau semuadiserahkan kepada Operator Sekolah maka akan menimbulkan masalah karena pekerjaan yang sangat banyak dan menumpuk yang harus dikerjakan oleh seorang Operator Sekolah. Gunanya PTK juga aktif adalah membantu Operator dalam memvalidkan data  sekolah masing-masing. nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bari rekan-rekan PTK bagaimana cara Verval PTK, untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
Namun yang perlu dipahami adalah 
DATA REFERENSI PENDIDIKAN
 Data Pokok Pendidikan di lingkungan KEMDIKBUD perlu diintegrasikan. Maka perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai acuan sinkronisasi Data Pokok Pendidikan.

Berikut ini langkah-langkah dala Verval PTK:
1.    Silahkan anda masuk ke referensi data dapodik; http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
2.    Kemudian setelah masuk silahkan pilih Data Master kemudian silahkan anda pilih Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( NUPTK ) kemudian Klik Pendidikan Dasar & Menengah. Kemudian selanjutnya maka akan mucul  Jumlah Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Per Provinsi.  Data tersebut Berdasarkan Seluruh Bentuk Pendidikan dan Sekolah Induk.
3.    Selajutnya silahkan Klik nama Propinsi lalu klik Kabupaten pilih klik Kecamatan dan klik nama Sekolah dimana rekan-rekan bertugas.
4.    Maka akan muncul Jumla PTK Per satuan Pendidikan (Sekolah ). Langkah selanjutnya silahkan cari nama sekolah anda kemudian Klik Jumlah PTK nya pada ujung kanan.
5.    Setalah anda klik maka akan muncul daftar PTK di sekolah anda. Kemudian silahkan Klik nomor - NUPTK anda. Setalah diklik maka akan muncul menu untuk PTK.
6.    Untuk dapat bisa Login PTK yang harus anda lakukan adalah masukkan User Id dengan Nomor NUPTK anda kemudian untuk password silahkan isi dengan tanggal lahir PTK dengan format masukan (yyyy-mm-dd)  lalu klik LOGIN.
7.    Setelah lgin silahkan cek data PTK kemudian bandingkan di data Dapodik jika belum maka lakukan perbaikan data sekolah dengan hubungi OPERATOR SEKOLAH Data Referensi Pendidikan.
Artikel ini ditulis berdasarkan Pusat Data Dan Statistik Pendidikan (PDSP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu rekan-rekan semua,

Sumber :
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/


No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library