DUA PULUH ENAM RIBU GURU PENSIUN TAHUN INI


Pendidikan Merupakan sebuah pondasi utama sebuah negara dalam berkembang untuk menjadi lebih baik. Dan guru merupakan faktor utama sebagai sensor motorik dalam pelaksanaan Pendidikan disuatu negara. Di indoenesia untuk tahun 2015 ini, ada sebanyak 26 ribu guru yang akan pensiun, lalu bagaimana pemerintah menanggulangi masalah ini?


Menurut Tagor Alamsyah Harahap, selaku Kepala Seksi Penyusunan Program Direktorat P2TK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  mengatakan ada sekitar 26 ribu guru di jenjang pendidikan dasar yang akan pensiun pada tahun ini. Pemerintah belum mempersiapkan pengganti puluhan ribu guru yang akan pensiun tersebut. Namun demikian, dia memastikan tidak akan terjadi kekurangan guru.
Jumlah lulusan  Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang sudah melewati Pendidikan Profesi Guru (PPG) masih sedikit, Jumlahnya sekitar 10 ribu. 
Menurut Undang-undang Nomor 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen, Guru yang lulus S1 mereka juga harus lulus PPG sebagai syarat bersertifikat  pendidik sebagai guru profesional.
Pemerintah akan mulai bekerja keras  agar para guru yang belum PPG segera PPG sesuai dengan ketentuan Undang-undang, guru yang diangkat tahun 2005 harus selesai disertifikasi pada tahun ini, dan juga untuk Tahun ini dibutuhkan 16 ribu pengganti guru yang pensiun.
Pendapat lain disampaikan Totok Amin Soefijanto selaku Konsultan Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP)   adanya pensiun besar-besaran yang terjadi dibidang pendidikan yaitu guru ini merupakan sebuah momentum yang tepat bagi pemerintah untuk melakukan regenerasi. karena ada  26 ribu guru yang pensiun.
Dengan memasukkan berbagai program inovatif yang lebih bisa dijalankan oleh guru dalam usia produktif, mungkin menjadi salah satu solusi bagi Pemerintah.

semoga dengan pensiunnya 26 ribu guru tahun ini bisa menjadi moment yang cocok untuk memperhatikan guru-guru honorer untuk dapat diangkat menjadi PNS, sangat mengenaskan apabila mendengarkan cerita pendapatan para honorer. Semoga Kemdikbud dapat melihat dan memanfaatkan sumber yang sudah ada untuk mengefektifkan pendidikan di indonesia dengan mengangkat para guru Honorer.


Sumber : CNN Indonesia

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library