KEMDIKBUD TUNJUK 3 KABUPATEN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KIAT GURU

Program KIAT Guru dilakukan dalam rangka membangun perangkat kebijakan untuk mengaitkan pembayaran tunjangan guru dengan kinerja guru serta melibatkan masyarakat dalam peningkatkan layanan Pendidikan. Program ini merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penganggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Terdapat tiga Kabupaten yang terpilih sebagai kabupaten ujicoba program Kinerja dan Akuntabilitas Guru (KIAT Guru) yang akan dilaksanakan 2016 mendatang adalah: 
1. Kabupaten Ketapang di Kalimantan Barat, 
2. Kabupaten Kaimana di Papua Barat,  
3. Kabupaten Keerom di Papua. 

Ketiga kabupaten tersebut mengalokasikan sebagian dana APBDnya untuk mendukung peningkatan kualitas layanan di daerahnya.

Setiap Kabupaten memiliki jenis tunjangan dan jumlah yang berbeda. sebagai contoh Kabupaten Ketapang misalnya, Pemerintah daerah setempat mengalokasikan Rp6,2 miliar untuk tambahan penghasilan untuk guru daerah terpencil. Lima persen dari total anggaran tersebut dialokasikan lewat program KIAT Guru. 



Kabupaten Kaimana, pemerintah daerah menyiapkan tunjangan zona untuk para pejuang pendidikan sebesar Rp7,3 miliar. Alokasi untuk program KIAT Guru ini sebesar delapan persen dari total anggaran tersebut. 

Kabupaten Keerom, dari dana sebesar Rp5,3 miliar yang dialokasikan di APBD, 17 persen di antaranya untuk mendukung program KIAT Guru.

Diharapkan, dengan program ini bisa membangun system tata kelola guru yang akuntabel dengan mengaitkan pembayaran tunjangan dengan kinerja guru, dan memungkinkan dukungan dan penilaian masyarakat bagi peningkatan kinerja layanan guru.

Ada 31 sekolah dasar yang akan menjadi sasaran program yaitu
1. Kabupaten Ketapang 10 sekolah, 
2. Kabupaten Kaimana 10 sekolah, 
3. Kabupaten Keerom 11 sekolah. 
Dari 31 sekolah ini akan melibatkan 171 guru dan 2.580 siswa.
 



No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library