TRIK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK

Buku adalah ilmu, sekalipun buku tersebut sudah usang. Kalau isi yang terkandung di dalamnya menarik, kenapa kita tidak membacanya, syukur-syukur bersama dengan anak-anak kita.

Membaca buku untuk saat ini merupakan momok tersendiri bagi anak-anak, Minta baca buku sangat kurang sehingga diperlukan kreatifitas dan trik-trik agar anak bisa memulai suka dengan membaca buku.

Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dipakai orang tua untuk menumbuhkan minat anak untuk membaca buku :



1. Menyediakan tempat yang nyaman.
Ketika membaca, tentunya anak akan membutuhkan tempat yang nyaman. Jadi, tak ada salahnya kalau kita menyediakan tempat yang nyaman bagi mereka untuk membaca.

2. Beri mereka buku bacaan bergambar
dengan memberikan buku bacaan yang bergambar kepada anak, maka si anak akan lebih berminat untuk membaca, karena daya tarik yang pertama bagi anak adalah gambar-gambar.

3. Memberikan pembatas buku yang lucu.
Memberikan pembatas buku yang lucu dapat membuat anak lebih bersemangat dalam membaca. Kita dapat memberikan pembatas buku dengan gambar-gambar kartun kesukaan mereka, atau pembatas buku dengan kata-kata mutiara yang dapat memberikan semangat dan sebagainya.

4. Menyediakan buku-buku favorit.
Jika anak mempunyai buku-buku yang dianggap favorit, maka belikanlah buku-buku tersebut karena akan bisa menambah semangat kepada mereka dalam membaca. Alternatif lainnya adalah dengan mengajak anak untuk pergi ke taman bacaan atau bisa juga ke perpustakaan. Di sana, anak-anak pun bisa memilih buku-buku yang mereka sukai.

Kegiatan meminjam buku di perpustakaan juga akan mengajarkan tanggung jawab kepada anak karena mereka harus menjaga buku-buku yang mereka pinjam dan wajib untuk mengembalikannya kembali ke perpustakaan.




Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan meletakkan bantal-bantal besar di karpet tempat mereka biasa membaca, atau dengan menyediakan kursi yang nyaman di teras, mengganti lampu belajar di kamarnya dengan lampu yang lebih menarik, dan lain sebagainya.


Demikian beberapa trik yang bisa diterapkan orang tua dan guru untuk bisa membimbing anak-anak agar memiliki minat baca. semoga postingan ini dapat membantu.

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library