Untuk Mengenal sesuatu yang baru pastinya butuh sebuah proses,
dan juga pemahaman. Begitu pula dengan pengenalan DAPODIK PAUD-DIKMAS. Kalau Pendataan Online Untuk SD, SMP dan
SMA/SMK sudah lebih dahulu diluncurkan yaitu Dapodikdas dan Dapodikmen, Nah
sekarang giliran pendataan online PAUD dan TK. Tentu saja dengan adanya
aplikasi Pendataan yang baru butuh pemahaman dan juga butuh penjelsan-penjelasan.
Nah tentu saja dalam proses pemahaman pun pastinya akan menemui
banyak kendala. Berikut ini ada beberapa Pertanyaan dan solusi yang bisa
dilakukan seputar penggunaan
Aplikasi Pendataan DAPODIK PAUD-DIKMAS.
1. Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK
PAUD-DIKMAS?
Jawaban : Website resmi
DAPODIK PAUD-DIKMAShttp://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
2. Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa
dijalankan tanpa koneksi internet?
Jawaban : Bisa. Aplikasi
DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan
Sinkronisasi.
3. Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode
registrasi?
Jawaban : Hubungi Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
4. Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
Jawaban : Punya NPSN
yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
5. Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak
terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
Jawaban : Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan
Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya
dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id
6. Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id
juga tidak terdapat di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?
Jawaban : Coba kontak
PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak
atau Coba join ke grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/
dan bertanya disana
7. Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi
berapa?
Jawaban : Aplikasi
v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
8. Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2
atau patch v.1.1.3.uj? J: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan
patch v.1.1.3.uj
9. Apa bedanya registrasi online dan offline ?
Jawaban : Registrasi
online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline
dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan
registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang
diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data ->
Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
10. Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak
lembaga di satu laptop?
Jawaban : Bisa.
Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar
registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
11. Apakah boleh sinkron berkali-kali
Jawaban : Boleh. Sinkron
yang paliang terkahir yang dijadikan patokan atau yang diambil datanya.
12. Apa bedanya sinkronisasi online dan offline ?
Jawaban : Sinkronisasi
online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Sinkronisasi
offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, setelah
melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang offline, Aplikasi akan
mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer yang terhubung
internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data ->
Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
13. Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
Jawaban : Cek status
sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
14. Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di
20% ?
Jawaban : Biasanya
karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu install
aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur mengisi dan
sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update instalasi
dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
15. Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi
statusnya Gagal Proses terus?.
Jawaban : Biasanya
karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi lagi.
16. Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah
data saya akan hilang?
Jawaban : Tidak. Patch
cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
17. Sinkronisasi saya statusnya "Diterima"
apa artinya?
Jawaban : Arti Status
sinkronisasi adalah sebagai berikut:
a.
Diterima (Hijau): Data
sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses memasukkan ke
database pusat
- Proses
(Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat
- Selesai
(Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
- Selesai
* (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam
pemrosesan terdapat pembersihan data.
- Gagal
Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database pusat.
18. Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya
belum aman?
Jawaban : Datanya sudah
aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara
otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
19. Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa
masuk ke aplikasi manajemen?
Jawaban : Kalau
registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung
dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan
lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.
20. Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi
Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawaban : Biasanya karena
Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi
penugasan.Demikian Informasi ini kami sampaikan semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mengalami masalah berkenaan dengan Dapodik
No comments:
Post a Comment