TANYA JAWAB SEPUTAR PERMASALAHAN DAPODIK PAUD-DIKMAS

Untuk Mengenal sesuatu yang baru pastinya butuh sebuah proses, dan juga pemahaman. Begitu pula dengan pengenalan DAPODIK PAUD-DIKMAS.  Kalau Pendataan Online Untuk SD, SMP dan SMA/SMK sudah lebih dahulu diluncurkan yaitu Dapodikdas dan Dapodikmen, Nah sekarang giliran pendataan online PAUD dan TK. Tentu saja dengan adanya aplikasi Pendataan yang baru butuh pemahaman dan juga butuh penjelsan-penjelasan.
Nah tentu saja dalam proses pemahaman pun pastinya akan menemui banyak kendala. Berikut ini ada beberapa Pertanyaan dan solusi yang bisa dilakukan seputar penggunaan 
Aplikasi Pendataan DAPODIK PAUD-DIKMAS.



1.      Dimana bisa mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
Jawaban : Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAShttp://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/

2.      Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa koneksi internet?
Jawaban : Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.

3.      Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi?
Jawaban : Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

4.      Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
Jawaban : Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/

5.      Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ Jawaban : Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id

6.      Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat di Verval SP. Apa yang harus dilakukan?

Jawaban : Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan bertanya disana

7.      Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi berapa?
Jawaban : Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj

8.      Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau patch v.1.1.3.uj? J: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj

9.      Apa bedanya registrasi online dan offline ?

Jawaban : Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill

10.  Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di satu laptop?
Jawaban : Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.

11.  Apakah boleh sinkron berkali-kali
Jawaban : Boleh. Sinkron yang paliang terkahir yang dijadikan patokan atau yang diambil datanya.

12.  Apa bedanya sinkronisasi online dan offline ?
Jawaban : Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload

13.  Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
Jawaban : Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman

14.  Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di 20% ?
Jawaban : Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update instalasi dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/

15.  Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi statusnya Gagal Proses terus?.
Jawaban : Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi lagi.

16.  Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah data saya akan hilang?
Jawaban : Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.

17.  Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa artinya?
Jawaban : Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut:
a.       Diterima (Hijau): Data sudah terkirim ke server dan siap untuk masuk antrian proses memasukkan ke database pusat
  1. Proses (Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database pusat
  2. Selesai (Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat.
  3. Selesai * (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database pusat, dalam pemrosesan terdapat pembersihan data.
  4. Gagal Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database pusat.
18.  Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya belum aman?
Jawaban : Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.

19.  Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke aplikasi manajemen?
Jawaban : Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.

20.  Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawaban : Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi penugasan.

Demikian Informasi ini kami sampaikan semoga dapat membantu rekan-rekan yang sedang mengalami masalah berkenaan dengan Dapodik

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library