SARAN PARA MASTER DAPODIKDAS DALAM PENGERJAAN DAPODIKDAS VERSI 3.0.0

Teman-teman kali ini saya ingin berbagi artikel yang mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan yang sekarang ini tentunya sedang dipusingkan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan DAPODIKDAS 2014, Jangan terlalu dipusingkan, buat enjoy saja semua masalah pasti ada pemecahannya.

Kali ini saya ingin berbagi dari beberapa Master-master dapodikdas 2014 yaiutu dari Bapak NOERCHOLISH ASIR L, Bapak YULIAN CAHYO CAHYO HADI SAPUTRO dan Bapak NUNU NUGRAHA. Apa saja saran-saran yang diberikan untuk Dapodikdas 2014 ini, Mari kita simak bersama-sama :

Yang harus dipahami bagi rekan-rekan dengan rilisnya Dapodik versi 3.0.0 adalah Lupakan Path208. 

Berikut ini saran dari para master dapodikdalam Update Peserta didik di 3.00 :
1. Isi NIS, Asal TK/RA melalui Registrasi Peserta Didik.
2. Isi Data Periodik Melalui Action Menu. Setelah Itu Baru Update Data (Jika Diperlukan)
3. Update Rombongan belajar kelas 1-5 melalui Action Menu : Kenaikan Kelas Perbaiki Nama Rombel       dan Wali Kelasnya.
4. Jika Ada Yang Tidak Naik Kelas Keluarkan Dari Rombelnya kemudian Tarik Ke Rombel yg                       Seharusnya...
5.Luluskan Rombel Akhir (Kls 6/9) Melalui Rombongan Belajar : Action Menu Luluskan Siswa Tingkat        Akhir...
   Input Peserta Didik Baru melalui Input Kelas 1. Registrasi , Isi Periodik dan Simpan
6. input Peserta Didik pindahan melalui Tambah Siswa dengan cara Tarik Ketabel Peserta Didik                 Utama.... Isi Data... Registrasi Dan Simpan
7. Buat Rombel Untuk Kelas 1.... Maping Siswa Pindahan kedalam rombel

Solusi Kode regrestrasi Tidak ditemukan :
Setelah melakukan Generate prefill silahkan Registrasi apabila mengalami masalah  Kode Registrasi Tidak ditemukan jangan tutup form Registrasi, cek lagi folder prefillnya, prefill hasil generate difolder tersebut.masih ada atw ngak, kalo hilang copas ulang prefill hasil generate tadi
kemudian klik Registrasi..
Selanjutnya Untuk PTK selain guru, di sekolah pilih jenis PTK nya "Tenaga Administrasi" misal : TU, penjaga, tukang kebun, dll..

Untuk PTK selain guru, di sekolah pilih jenis PTK nya "Tenaga Administrasi" misal : TU, penjaga, tukang kebun, dll.., sehingga validasi sekolah datanya bisa 0.
Jadi meski data pilihan jenis PTK untuk TU, penjaga, tukang kebun, dll.. tidak terdapat pilihannya di Tab Edit PTK Aplikasi dapodikdas 2014 jangan sampai kalau memang jenis PTKnya ada di sekolah kita, maka jadi tidak kita inputkan datanya di aplikasi hanya karena alasan ga ada pilihan jenis PTKnya tersebut, karena kalau sampai terjadi berarti input data sekolah kita menjadi "tidak sesuai dengan keadaan sesungguhnya" dan ini artinya kualitas datanya "patut diragukan."
Ingat...!!! Aplikasi dapodikdas bila diperlukan akan bisa menjadi "bukti otentik" ttg kebenaran keberadaan dan pelaksanaan tugas seorang PTK dan bisa juga menjadi referensi tentang masa kerja seorang PTK sesungguhnya.

Nah demikian referensi yang saya dapat dari master-master dapodikdas, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu rekan-rekan yang sampai saat ini masih mengalami masalah dalam pekerjaan dapodik baru versi 3.0.0. tetap semangat salam satu data !

.


No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library