UKMP3 BANTU MONITORING KURIKULUM 2013

Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 tentu saja banyak sekali kendala yang pastinya akan muncul ketika dilaksanakannya dilapangan. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada maka Kemdikbud bekerja sama dengan Unit Kerja Menteri Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKMP3) dalam mengawasi dan memonitoring pelaksanaan kurikulum 2013. 

Tujuan UKMP3 ikut membantu Kemdikbud adalah memberikan masukan untuk perbaikan kurikulum 2013.turut membantu pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi (Monev). 
Menurut Ketua UKMP3, Agnestuti Rumiati, pada acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, di Jakarta, Jumat (20/06/2014) tujuan monitoring itu untuk memperbaiki proses, berarti proses pelaksanaan Kurikulum 2013 itu dilihat, untuk menjadi masukan sehingga ke depan kelemahan-kelemahannya dapat diperbaiki.
UKMP3 memberikan masukan kepada dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan monev dengan cara sensus, karena dengan cara sensus dapat diketahui sekolah-sekolah yang masih harus dibantu dalam persiapan implementasi Kurikulum 2013. Proses monev, jelasnya, dirancang dengan melibatkan pusat dan daerah untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di lapangan.
UKMP3 menyediakan aplikasi E-monitoring untuk memudahkan proses monitoring. E-Monitoring dapat dengan mudah diakses, dan semua orang dapat melihat semua hasilnya. Hasil monitoring juga dapat dimanfaatkan oleh Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lainnya untuk membuat paper atau karya ilmiah, dan hasilnya dapat diseminarkan.Penjelasan Agnestuti.
Dalam pelaksanaan monev, tutur Agnestuti, banyak pihak turut membantu, seperti dinas pendidikan kabupaten/kota. Monev yang dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota dapat membantu untuk mengetahui pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 yang ada di daerah.
“Contoh monev yang baik seperti yang dilakukan oleh Kota Surabaya, telah memiliki peta daerah yang bagus dan yang kurang bagus dalam pelaksanaan Kurikulum 2013,” kata Agnestuti.
“Saat ini kita dapat memantau proses distribusi buku Kurikulum 2013, agar sebelum proses pembelajaran berlangsung buku sudah ada di sekolah,”pungkasnya.
Semoga dengan dibantunya UKMP3 dalam pelaksanaan kurikulum 2013 ini kekurangan Kurikulum 2013 dalam penerapannya dilapangan dapat segera teratasi dan dapat membawa dampak yang baik dalam setiap kegiatan belajar mengajar disekolah.
konsep dari kurikulum 2013 ini sebenarnya apabila benar-benar dilaksanakan akan membawa dampak yang sangat positif untuk kemajuan bangsa ini. Saat ini kemunduran mental bangsa indonesia sangat terlihat, dan benar-benar sudah mencapai puncak keprihatinan. Karena menurut pengamatan saya orang sudah tidak lagi takut dengan yang namanya HUKUM, korupsi berkembang diseluruh penjuru negeri, semoga dengan kurikulum 2013 ini mental generasi penerus bangsa ini benar-benar  dapat terbentuk, sehingga untuk kedepannya mental bangsa dapat berubah menjadi lebih baik lagi. 

No comments:

Post a Comment

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library