NOMOR SK TUNJANGAN PROFESI SEBAGIAN SUDAH KELUAR CEK LANGSUNG


Sekedar saran (bagi yang belum tahu, atau koneksinya lambat) untuk opsek yang akan membuka LTD info PTK. 
Bila tampilan Lembaran tunjangannya (data individu, rombel, dll) sudah muncul, maka untuk memeriksa ptk berikutnya tidak perlu anda ketikkan ulang alamatnya. cukup tekan tombol backspace saja. Kemudian ubah tekan tombol reload image (lihat gambar dibawah).
Ganti user id (nuptk), isi password dan kode verifikasi gambar. lalu enter / submit.
dijamin bisa lebih cepat dibandingkan anda ketik alamatnya, lalu login, muncul LTD/infoptk. lalu anda hapus tulisan index.php lalu tekan enter. 
link videonya http://youtu.be/y_LJ2yHOEkQ

Kali ini kabar gembira bagi PTK yang sudah bersertifikat pendidik, karena Nomor Sk tunjangan profesi sudah terbit untuk cek no SK dapat anda ikuti link-link dibawah. Informasi ini saya dapat dari Bapak 
Irfan Nur Arifani.

NOMOR SK Tunjangan Profesi (sertifikasi) sebagian Guru di sekolah . Bagi yang belum harap bersabar, dalam minggu ini pasti sudah keluar semua se indonesia. JANGAN TANYA KAPAN CAIR... karena bukan saya bendaharanya. Silahkan cek di salah satu link dibawah ini :



Sekedar saran (bagi yang belum tahu, atau koneksinya lambat) untuk opsek yang akan membuka LTD info PTK. 
Bila tampilan Lembaran tunjangannya (data individu, rombel, dll) sudah muncul, maka untuk memeriksa ptk berikutnya tidak perlu anda ketikkan ulang alamatnya. cukup tekan tombol backspace saja. Kemudian ubah tekan tombol reload image (lihat gambar dibawah).
Ganti user id (nuptk), isi password dan kode verifikasi gambar. lalu enter / submit.
dijamin bisa lebih cepat dibandingkan anda ketik alamatnya, lalu login, muncul LTD/infoptk. lalu anda hapus tulisan index.php lalu tekan enter. 


PERATURAN MENTERI KEUANGAN (PMK) PEDOMAN UMUM ALOKASI TUNJANGAN PROFESI LIHAT DISINI



Pada kesempatan kali ini saya informasikan kepada seluruh rekan operator Sekolah seluruh Indoneisa, PMK sudah dikeluarkan oleh Menteri keuangan republik Indonesia. peraturan Menteri yang bernomor : 61/PMK.07/2014 berisi tentang Pedoman umum dan alokasi tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten dan Kota tahun Anggaran 2014.

Penyaluran Tunjangan Profesi Guru PNSD bagi yang telah bersertifikasi pendidik tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah di Rekening Kas Umum Daerah secara triwulanan, yaitu:
a. Triwulan I paling lambat pada bulan April 2014;
b. Triwulan II paling lambat pada bulan Juli 2014;
c. Triwulan III paling lambat pada bulan Oktober 2014;
d. Triwulan IV paling lambat pada bulan Desember 2014.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat dan didownload lewat LINK DIATAS

INFORMASI TERBARU SEPUTAR PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI PENDIDIK


Ada kabar gembira baru PTK yang tunjangannya belum cair, karena pada kesempatan ini saya informasikan hal yang berhubungan dengan tunjangan.informasi ini berasal dari bapak Ibnu Aditya Karana. Apa isi informasi tersebut silahkan simak dibawah ini :
Akhirnya PMK (Peraturan Menteri Keuangan) sudah terdaftar pada Kementrian Hukum dan HAM.
Maka mulai besok seluruh data Valid yang SUDAH DI USULKAN oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui Aplikasi Tunjangan Profesi di tingkat Kabupaten/Kota akan segera di terbitkan SK TPP nya.
Oleh sebab itu kami himbaukan kepada seluruh Operator Tunjangan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota utk segera dan berhati2 terhadap data yang di usulkan.
Hal-hal yang perlu di perhatikan sebelum di usulkan SK TPP nya antara lain :
   1. Kesesuaian NUPTK dengan Nama
   2. Kesesuaian Wilayah tugas PTK (Jangan sampai ada PTK sdh mutasi masih di usulkan di kab lamanya)
   3. Perhatikkan Golongan dan Masa kerja nya karena berdampak pada nominal tunjangan yang akan tampil pada SK TPP
   4. Keaktifan PTK
SK TPP akan terbit secara bertahap sesuai dengan usulan yang masuk, dan segerakan data yang sudah valid
   a. PMK dan JUKNIS akan kami upload pada Aplikasi Tunjangan Profesi
   b. SK TPP Bisa di download pada aplikasi tunjangan profesi
Untuk para PTK :
     1. SK TPP yang akan muncul pada lembar PTK bukan berarti uang sudah ada di rekening, ingat ada proses dari SK                terbit hingga tunjangan tiba di rekening PTK masing2.
     2. Berilah ruang kerja op tunjangan untuk mengusulkan baik usulan SK TPP maupun usulan pencairan dana pada                    Bendahara daerah masing2
Demikian informasi yang dapat saya sajikan semoga bisa memberikan kelegaan bagi rekan-rekan PTK yang belum menerima Tunjangan.
SELAMAT BEKERJA, BERSABAR DAN BERDOA

MEKANISME PENCAIRAN ANEKA DANA TUNJANGAN



Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi postingan dari Pak Tagor Alamsyah Harahap, kali ini membahas tentang pencairan dana tunjangan. berikut postingannya :

Ada yang tanya : Pak Kapan SK TPP utk PNSD terbit ??, saya cuma bisa jawab : "Kami masih menunggu kabar dari pihak Kemenkeu dan Kemenkumham perihal PMK (Peraturan Menteri Keuangan) sebagai dasar pencairan dana tunjangan melalui transfer daerah.

MEKANISME PENCAIRAN DANA TUNJANGAN

1. BPKP Menyerahkan hasil audit ke kemdikbud (baru diserahkan rekapnya saja)


2. Kemdikbud menghitung berapa sisa anggaran Di kas daerah dan menghitung berapa kebutuhan untuk               lulusan baru.


3. Kemdikbud menyerahkan alokasi dana ke kemenkeu (surat menyurat saja sudah lama).


4. Kemenkeu membuat PMK dan lampiran alokasi dana per kab kota,


5. Draf PMK diberikan ke kementerian hukum dan ham untuk diharmonisasi aspek hukumnya, 


6. Baru keluar PMK.


7. Dikbud terima nomor PMK baru cetak sk hampir 1 juta orang (butuh 1 minggu)
    (ini udah pasti team P2TK nga akan pulang2 dah .. siapin tenaga yah Nazarudin Kompetan, Asyarudin               Andhin, Ujang Kemon, Yuniadi Pusponegoro, Ronny Ajah Dech, Hilal Ramadhan)


8. Kemenkeu transfer dana ke kab daerah.


9. SK ada uang ada baru bisa dibayar.


10. Bendahara pemda mengajukan SPP dan SPM sampai keluar SP2D.


11. Bank mentransfer rekening guru. Hebat jika bisa menyelesaikan


12. Pekerjaan tadi dalam waktu 6 hari ini yg melibatkan banyak instansi, silahkan camkan apakah semudah             mengucapkannya.


JADI KIRA2 BERAPA LAMA DARI BAPAK/IBU LIHAT NOMOR SK MELALUI LEMBAR INFO PTK HINGGA TUNJANGAN TIBA DI REKENING BAPAK/IBU GURU
SABAR SEBAGIAN DARI PADA IBADAH

EMPAT MAHASISWA INGGRIS MELAKUKAN STUDY FISIKA TENTANG KAPAL NABI NUH




Siapa sich yang tidak tahu tentang cerita Nabi Nuh, tentunya semua orang tahu bahwa pada zaman nabi nuh banyak terjadi muzijat yang dilakukan nabi Nuh, dari Mengarungi Lautan dengan kapalnya yang besar yang dapat menampung banyak binatang dan para pengikutnya, sampai mujizat membelah laut, wow sangat amazing nabi Nuh !!!

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang ceita nabi Nuh, Akan tetapi kita akan melihat apa yang dilakukan empat mahasiswa Fisika Universitas Leicester, Inggris.

Empat mahasiswa Fisika Universitas Leicester, Inggris. sangat penasaran dengan kisah kapal Nabi Nuh yang mampu mengarungi banjir besar di masa lalu dengan para pengikutnya.

Oliver Youle, Katie Raymer, Benjamin Jordan, dan Thomas Morris meneliti struktur kapal Nabi Nuh sesuai naskah kuno pada kitab Suci, dan kemudian mereka mengkaji sisi fisika bahtera Nabi Nuh.

Menurut naskah kuno, kapal Nabi Nuh memiliki dimesi yang tepat, dengan panjang 300 hasta atau setara 137,1 meter, lebar 50 hasta atau 22,86 meter, dan tinggi 30 hasta atau 13,7 meter. Dimensi kapal itu didesain untuk bertahan dari terjangan banjir besar.

Studi keempat mahasiswa tersebut membuktikan, ukuran yang disampaikan dalam kitab suci cukup cocok untuk mengarungi banjir. “Kami tak berpikir Alkitab menjadi sumber informasi yang akurat secara ilmiah. Jadi kami cukup terkejut saat kami berhasil. Kami tak membuktikan bahwa hal itu benar, tapi konsep itu (kapal Nabi Nuh) pasti akan berhasil,” kata Morris. 

Kelompok mahasiswa itu mendasarkan perhitungan mereka pada sebuah buku, The Genesis Flood karya Dr Morris dan Dr Whitbomb. Buku itu menunjukkan bahwa bahtera Nuh mampu menyimpan sekitar 35 ribu spesies. 

Sementara perhitungan empat mahasiswa Universitas Leicester tersebut menyebutkan, kapal Nuh bisa memuat 2,15 juta domba tanpa tenggelam terseret banjir besar.

Dengan modal dimensi tersebut, menurut Morris cs, nyatanya daya apung kapal Nabi Nuh mendukung untuk bertahan dari terjangan banjir meski disesaki banyak binatang. 

Dengan demikian, dimensi kapal dalam kitab suci tepat alias memungkinkan Nabi Nuh dan umatnya untuk dapat mengapung bersama dengan semua binatang yang mereka bawa.

Temuan keempat mahasiswa itu telah dipaparkan dalam makalah untuk Jurnal Fisika Departemen Fisika dan Astronomi Universitas Leicester. Inggris.

Ini merupakan Penelitian yang sangat menarik yang dapat menjadi referensi bagi kita para pembaca. semoga bermanfaat.

SUMBER : VIVA NEWS

MENGATASI MASALAH DAPODIK DARI PACT 206 UNTUK UPDATE KE PATCH 207


Masalah yang belum tuntas dalam dapodikdas ada bermacam-macam salah satunya adalah belum linearnya JJM sehingga Sk tunjangan untuk PTK tidak muncul. 

Ditambah lagi masalah patch 207 yang muncul ada 2 versi yaitu versi uji coba dan versi full Aplikasi. dan masih banyak lagi masalah yang belum dibahas.

Nah untuk kali ini saya ingin membahas tentang peralihan dari patch 206 Ke Patch 207, Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pastikan Aplikasi Dapodik Anda masih menggunakan Patch 206
2. Sebelum menginstal Patch 207, sebaiknya :
   a. Bagi rekan-rekan yang sudah mengundurkan Tanggal  karena mengatasi solusi pada waktu yang lalu                patch 206 yang expired, jangan Lakukan Backup BSD maupun Lakukan Sincron. akan tetapi perbaiki data        dapodik pada Patch 206 terlebih dahulu, kemudian apabila anda sudah yakin bahwa data-data tersebut              sudah benar silahkan anda back up database menggunakan Dapodik Helper.
   b. Langkah selanjutnya silahkan kembalikan Tanggal (waktu) yang sebenarnya. 

3. Baru anda lakukan Instal patch 207 dengan 207 yang full aplikasi jngn gunakan 207 uji coba

4. Setelah selesai menginstal patch 207, langkahnya kemudian restore database yang anda backup dengan           menggunakan Dapodik Helper tadi.

5. Setelah selesai me-restore database lakukan validasi

6. kemudian silahkan coba sinkronisasi.

sedikit catatan : fungsi mengembalikan tanggal sebelum menginstal patch 207 menurut saya agar data dapat sesuai dengan data yang telah diperbaiki, sehingga tidak menimbulkan tumpang tindih data pada waktu data direstore.

demikain sedikit tulisan yang mungkin bisa membantu rekan-rekan. selamat mencoba!!!



KRITERIA PENETAPAN PESERTA SERTIFIKASI GURU 2014




Pada kesempatan kali ini saya akan menginformasikan kepada seluruh rekan-rekan Guru berkaitan dengan Sertifikasi guru. Apa ya yang menjadi kriteria guru bisa menjadi peserta sertifikasi 2014 ini? langsung saja kita bahas mengenai kriteria penetapan peserta sertifikasi guru ditahun 2014 ini .


Untuk Penetapan peserta :

Peserta sertifikasi adalah calon peserta dengan status verifikasi sebelumnya sudah diverifikasi dan memenuhi persyaratan sesuai buku satu penetapan peserta sertifikasi 2014 dan bagi pengawas diangkat sebelum 1 Januari 2009.
Calon peserta tidak dimasukan kedalam kategori sebagai peserta sertifikasi jika salah satu kriteria berikut dipenuhi :

1.     Usia tidak rasional, usai pertamakali mengajar <18th. Pada keterangan informasi detail peserta ditandai dengan Usia tidak rasional.

2.     Bidang studi sertifikasi tidak sesuai buku 1 tahun 2014. Pada keterangan informasi detail peserta ditandai dengan Bidang Studi Sertifikasi Salah.

3.     Bidang studi sertifikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)[224] atau Guru Berlatar Belakang TIK[488], untuk bidang studi tersebut belum dapat dilakukan sertifikasi guru tahun 2014 mengingat belum ada petunjuk teknis beban kerja guru TIK.

Tindak lanjut
Bagi peserta sertifikasi periksa kembali kebenaran bidang studi sertifikasi untuk diperbaiki jika diperlukan melalui operator AP2SG dinas kabuptaten/kota. Lengkapi dokumen pendukung jika belum lengkap. Menunggu tahap selanjutnya yaitu cetak dokumen A1.

Bagi calon peserta dengan usia tidak rasional, lakukan perbaikan TMT Pendidik melalui operator AP2SG dinas kabuptaten/kota dengan menyertakan bukti dokumen fisik data sebenarnya.

Bagi calon peserta dengan bidang studi tidak sesuai buku 1, lakukan perbaikan bidang studi sertifikasi melalui operator AP2SG dinas kabuptaten/kota.


Bagi pengawas jika ada kesalahan TMT Pengawas, tanggal mulai diangkat sebagai pengawas, lakukan perbaikan TMT Pengawas melalui operator AP2SG dinas kabuptaten/kota.

demikian informasi yang dapat saya berikan semoga dapat membantu rekan-rekan yang sudah memenuhi kriteria sebagai Peserta calon Sertifikasi 2014. informasi ini didapat dari http://sergur.kemdiknas.go.id/sg13/.

DOWNLOAD DAPODIK HELPER 2.0.0 (Back Up data)

Download Dapodikhelper


Nah untuk kali ini bagi anda yang ingin menginstal patch 207, sebelumnya ada baiknya anda back up data Dapodik terlebih dahulu.

untuk kali ini berikut ini saya sediakan link untuk dapodikhelper release terakhir yaitu dapodikhelper versi 2.0.0

akan tetapi sebelum anda menginstal dapodikhelper sebaiknya anda baca informasi lisensi saat instalasi sampai baris terakhir karena akan berguna untuk melakukan pengisian pada tahap selanjutnya.

Pastikan melakukan instalasi dari mode Administrator dengan cara :1. Klik kanan pada file DapodikHelper.exe hasil download
2. Pilih Run as Administrator
Dapat juga dilakukan saat memanggil aplikasi Dapodik Helper setelah terpasang.

langsung saja untuk mendowload dapodikhelper klik link yang ada dipaling atas. semoga bermanfaat.

DOwnload Installer Dapodikdas 207 Full Aplikasi

Download Installer Daposikdas 207 Disini

Akhirnya Installer Dapodikdas patch 207 Full Aplikasi sudah direlease, kalau kemarin orang bingung karena patch 207 masih uji coba sekarang sudah bisa bisa diunduh dengan installe full aplikasi. langsung saja tidak usah berlama-lama silahkan didownload. untuk link nya ada diatas, semoga berhasil,

untuk yang sudah terpasang Aplikasi 206 bisa baca petunjuknya :

Langkah – langkah Patch 2.05
1. unduh file patch 2.05 di alamat website infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
2. instal patch 2.05 sampai berhasil (selesai)
3. buka aplikasi dapodikdas
4. refresh browser dengan menekan ctrl+f5
5. login di aplikasi pastikan versi sudah berubah menjadi versi 2.05 . jika belum
tekan kembali ctrl+f5
6. Lakukan validasi dan langsung lakukan sinkronisasi secara online. Dengan tujuan
menaikkan seluruh data yang di aplikasi ke server, meskipun masih ada data invalid.
dengan demikian posisi data di lokal (aplikasi) sama dengan di server
7. Lanjutkan input data sampai dengan validasi = 0 untuk memastikan data sekolah
anda berkualitas kemudian sinkronisasi

Penjelasan tentang Versi 2.05
1. Versi 2.05 mengakomodir sinkronisasi tidak mengharuskan data invalid = 0

2. Pastikan data yg anda sinkronkan adalah data yg sudah terupdate, benar,
lengkap dan valid , "kualitas data sekolah anda di tangan anda sendiri"

3. PD dan PTK baru, dapat dipindahkan ke tabel utama secara manual tanpa melalui
sync di versi 2.05

4. perubahan yg terjadi di 2.05 optimasi/ mempercepat waktu sync,
konsistensi/kesesuaian data, profil sekolah, mengatasi constraint failed , dll
- penambahan referensi : jenis PTK , wilayah expired/pemekaran, tingkat pada
jenjang SLB
- optimasi sync offline
5. untuk menjaga agar proses sinkronisasi berjalan lancar/berhasil maka di buatkan
jadwal yang dapat kita sepakati bersama

jadwal sync :
a. Senin : Kepulauan Sumatera
b. Selasa - Rabu : Kepulauan Jawa
c. Kamis : Kepulauan kalimantan
d. Jumat : Kepulauan Sulawesi
e. Sabtu : Kepulauan Papua , NTT, NTB, Bali , Maluku f. Minggu: Bebas seluruh wilayah
penjelasan tentang jadwal : secara sistem, sebenarnya tidak menolak sinkronisasi di 
luar jadwal. Namun bertujuan untuk meminimalisir lonjakan trafick yg 
mengakibatkan lama durasi sync dan mengatur lalu lintas jalannya transportasi data. 
Dengan kata lain agar proses sinkronisasi masing-masing daerah lancar 
sebagaiman yang di harapkan. 
Tambahan untuk hari sabtu : Kepulauan Papua, NTB, NTT, Maluku 
6. seluruh sekolah wajib mengupdate versi aplikasi menjadi patch 2.05 dan lakukan 
sinkronisasi meskipun pernah melakukan sync sebelumnya. 
 
7. lengkapi dulu semester 1, jika sudah menginjak ke semester 2, pilih periode 
semester 2 
 
8. tekan tombol lanjutan semester pada tabel rombel utk memunculkan kembali 
rombel-rombel yang ada di semester 1, beserta anggota rombelnya. Akan tetapi 
tabel pembelajaran akan kosong kembali, hal ini mengakomodir perubahan jadwal 
mengajar di pengajaran periode semester kedua. 
 
 
 
 
Langkah-langkah sinkronisasi offline : Penjelasan umum : fasilitas sinkronisasi offline di buat untuk memfasilitasi sekolah 
yang tidak memiliki koneksi internet. hal ini dimaksudkan mempermudah operator 
sekolah mengirimkan datanya setelah input data ke daerah lain / komputer lain yang 
memiliki akses internet dengan mambawa file hasil sinkronisasi offline nya. 
Tujuan : Memfasilitasi sekolah tanpa koneksi internet 
fitur ini hanya digunakan untuk kondisi sekolah yang tidak memiliki koneksi internet 
langsung di sekolahnya, nanmun jika sekolah memiliki akses internet sangat di 
sarankan untuk melakukan sinkronisasi online 
Langkah2 sbb : 
1. pastikan invalid anda = 0 , walaupun sebenarnya invalid tidak mencegah 
sinkronisasi. Kondisi komputer offline 


2. tekan tombol validasi , sinkronisasi


3. komputer akan menyediakan unduhan file dengan nama
(koderegistrasi)_sync_ke_server, simpan file tersebut ke dalam flashdisk.


Bawa file tersebut ke tempat yang memiliki akses internet: warnet/ dinas/ UPTD/ ict 
center/ PLIK , dll 
 
4. buka website : infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id lalu pilih menu upload data 

5. lengkapi formulir untuk melaksanakan upluad data 


6. Pilih data hasil sinkronisasi offline di aplikasi untuk diuploadkan ke server dengan format 
(koderegistrasi)_sync_ke_server 

7. Pilih tombol UPLOAD lalu server akan memberikan data perubahan dari pusat untuk di 
push ke aplikasi dengan format (koderegistrasi)_sync_ke_lokal 

8. Buka aplikasi dapodikdas, lalu lakukan validasi dan sinkronisasi. Pilih data perubahan 
dari pusat untuk di push ke aplikasi 

9. Pilih tombol PUSH DATA SINKRONISASI, pastikan proses sinkronisasi berhasil 

10. Periksa hasil sinkronisasi data sekolah anda di web 
infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id. untuk memastikan data sekolah anda samd 
engan di server. 
 jika ada kasus laptop/komputer anda bermasalah/hilang/rusak/dll, 
anda bisa mengambil data terakhir di server dengan cara login di 
manajemen pendataan sebagai sekolah atau kab/kota, pilih generate ulang 
prefill dan unduh, UNINSTAL ULANG APLIKASI anda, kemudian di registrasikan ke 
komputer. Dengan catatan pernh melakukan sinkronisasi. 


demikian penjelasan  Langkah-langkah sinkronisasi offline, semoga bisa mempermudah para Operator diseluruh Indonesia.

CARA MENGINSTAL APLIKASI DAPODIKMEN

Bukan sesuatu yang sulit kalau kita ingin menginstal Aplikasi dapodikmen, cara sama seperti menginstal aplikasi-aplikasi yang ada dikomputer pada umumnya, untuk lebih memahami silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. silahkan anda unduh terlebih dahulu aplikasi Dapodikmen disini  LINK
2. Setelah didownload klik 2x hasil download-tan tersebut, maka akan muncul seperti gambar 
3. klik tombol lanjut
4.setelah itu muncul perjanjian persetujuan, silahkan anda pilih saya setuju untuk melanjutkannya 
5. Setelah itu muncul persetujuan untuk memasang aplikasi
6. langsung saja klik tombol Pasang. dilanjutkan dengan ...
7. pilih lokasi tujuan akan diinstal aplikasi tersebut, biasanya untuk program diinstal didirectory c:            , setelah itu klik lanjut.
setelah selesai otomatis shurchut Aplikasi Dapodikmen akan berada didekstop komputer anda. Silahkan mencoba !!!

PELATIHAN CALON INSTRUKTUR NASIONAL OLEH LPMP




 Kemdikbud pada tanggal 1 April 2014 telah memilih sejumlah Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai Pelaksana Pelatuhan bagi calon instruktur Nasional(IN) dan Guru Sasaran (GS). dalam pelaksanaan Pelatihan tersebut berlangsung selama 72 jam kedepan.

Sebelum pelatihan dimulai, seorang narasumber terlebih dahulu menampilkan hasil pelatihan yang ia peroleh di tingkat nasional. dalam satu kelas, pelatihan dipandu oleh dua narasumber nasional dan dua panitia dari LPMP. itu dijelaskan oleh Bambang Winarji (Kepala LPMP provinsi Sumatera Utara).

Pelatihan tersebut dilaksanakan bertujuan untukmenyamakan persepsi tentang Kurikulum 2013, dan supaya instruktur nasional dapat menyampaikan hal yang sama kepada guru sasaran, sehingga gaung, alur, serta penyampaiannya sama.

Bambang menambahkan, dalam rapat koordinasi yang digelar di tingkat provinsi, seluruh pihak berkomitmen menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini.
Dalam pelatihan ini , model pelatihan telah disesuikan dengan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh 
(Kemdikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . 

Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari 772 orang untuk tingkat SMP/SMA/SMK, 858 orang untuk instruktur nasional tingkat sekolah dasar.Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 7 hari disetiap masing-masing angkatan. dan pelaksanaannya dimulai pada awal bulan april ini hingga awal mei 2014.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat Pelatihan instruktur nasional ini diikiuti oleh 1.350 calon yang disiapkan untuk melatih guru sasaran pada pertengahan Mei mendatang. Menurut Kepala LPMP provinsi Jawa Barat, Totoh Santoso

menargetkan ada sekitar 900-an calon instruktur peserta yang lolos untuk direkomendasikan sebagai pelatih guru sasaran. Totoh Santoso menjelaskan  “Dengan guru sasaran yang berjumlah 64.250-an orang, 900 instruktur nasional dinilai mencukupi, dengan catatan mereka akan melatih sebanyak 4 kali pelatihan,”. 



Instruktur nasional diberikan kesempatan untuk membagikan materi pelatihan yang telah diperoleh, sehingga mereka memiliki waktu untuk menganalisis dan mempersiapkan diri melatih guru sasaran.“Kami harapkan instruktur nasional lebih matang dalam menyampaikan materi pelatihan kepada guru sasaran,”Totoh meyakini bahwa pelatihan tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, mengingat waktu yang ada cukup lama sebelum tahun pelajaran 2014/2015 dimulai.

Kunci keberhasilan pelaksanaan kurikulum ada di LPMP, karena LPMP menyiapkan IN yang sesuai dengan kebutuhan Kurikulum 2013. Ia meyakini, Kurikulum 2013 menjadi salah satu cara dalam penyiapan generasi emas mendatang yang lebih baik. Kita bekerja optimal menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013. 





Sumber : Ratih Anbarini ( 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

WAMENDIKBUD KELUARKAN SURAT EDARAN TENTANG PENYEDIAAN BUKU KURIKULUM 2013



Berita terbaru berasal dari Kembidbud. kali ini wakil Menteri pendidikan dan kebudayaan telah mendistribusikan surat edaran yang ditujukan kepada Kadinas pendidikan provinsi / kota Se-indonesia.

Surat Edaran tersebut berisi tentang penyediaan Buku Kurikulum 2013 untuk tahun 2014 ini. Surat tersebut bernomor:  36250/WMP/KR/2014.

dengan dikeluarkannya surat tersebut wamendikbud merencanakan bahwa Pada tahun Pelajaran 2014/2015 Pemerintah akan lanjutkan pelaksanaan Kurikulum 2013 di semua satuan pendidikan, yaitu SD kelas 1, 2, 4, dan 5; SMP kelas 7 dan 8; SMA/SMK kelas 10 dan 11. 

Utk mendukung pelaksanaan kurikulum ini akan disediakan buku siswa dan guru, pelatihan guru, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Semua tahapan ini telah dibahas bersama pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 5-7 Maret tahun 2014.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon perhatian Saudara atas hal-hal sebagai berikut:

1. Buku ‪#‎Kurikulum2013‬ utk siswa n buku guru utk semester I diadakan mell ‪#‎BOS‬ ditambah Bansos Buku (untuk SD dan SMP), sedangkan penyediaan buku semester II diadakan mell DAK dan/atau APBD;

2. Buku siswa n buku guru smstr I dlm proses lelang o/ LKPP dgn sistem kontrak payung. Sekolah beli buku semester I langsung kepada penyedia buku yg menang lelang selambatnya minggu ke 2 Juli 2014.

3. Kemdikbud akan menerbitkan Juknis Pembelian Buku #Kurikulum2013 setelah LKPP umumkan pemenang lelang;

4. Sekolah hanya boleh beli buku #kurikulum2013 semester I mell Penyedia Buku yg menang lelang n ditetapkan oleh LKPP utk ke kabupaten/kota masing2;

5. Sekolah agar terus perbarui dapodik, terutama u data jumlah siswa per kelas, jmlh guru per kelas/per mapel, serta jmlh siswa n guru sesuai agama yg dianut utk kepentingan pengadaan buku semester II;

6. Segera teruskan dan mengkoordinasikan informasi ini kpd semua satuan pendidikan yg ada di wilayah/daerah Saudara u dilaksanakan agar implementasi #Kurikulum2013 Thn Pljran 2014/2015 berjalan lancar. 


demikian isi dari surat yang dikeluarkan Wamendikbud yang ditujukan kepada Kadinas pendidikan provinsi / kota Se-indonesia. semoga informasi ini dapat membantu semua pihak terkait dalam kesuksesan rencana pemerintah ini. 

DOWLOAD PATCH 207 DISINI




Selamat datang kembali diblog ini, hari ini seluruh Operator di Indonesia sibuk mencari Patch 207, untuk melanjutkan pengerjaan Dapodikdas.

Santai saja teman-teman gak usah terlalu buru-buru, karena kita gak usah terlalu tegang, akan tetapai dibuat enjoy saja. 

Nah untuk kali ini anda bisa download patch 207 disini kok. yang paling penting sebelum anda download, kemudian menginstal patch 207, yang perlu diingat adalah back up data terlebih dahulu untuk mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Peringatan :

Nama dan tanggal lahir PTK dan PD akan di kunci (tidak dapat di edit) oleh karena itu pastikan data tsb sudah valid sebelum mengupdate versi terbaru (tujuan: primary key terjaga / konsisten dengan namanya) 

update 2.07 sesuai harus berangkat dari versi 2.06 , prosedur patch sama dengan yg sebelumnya dan tidak ada bugs dalam patch (tidak ada kasus data hilang setelah patch) 

lakukan sinkronisasi untuk mengupdate data sekolah Anda, pastikan sudah sama dengan di server , 

Selamat berjuang dalam menyelesaikan Pengerjaan Dapodikdas.

Silahkan dowload Disini :


                                DOWLOAD PATCH 207



LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library