TIDAK PROFESIONAL GURU AKAN SAYA PECAT,KATA AHOK




Siapa yang tidak kenal dengan ketegasan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), kali ini Ahok berkomnetar masalah kualitas guru yang kurang profesional.

Menurut Basuki Tjahaja Purnama,  kualitas pendidikan di Jakarta menurun dikarenakan lebih dari setengah guru di Jakarta tidak memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik di bidang mengajar. 

Dampak dari guru-guru yang ada kompetensinya dianggap kurang, para orangtua di Jakarta lebih memilih memasukan anaknya les tambahan. Komite sekolah yang terdiri dari orang tua murid cukup paham akan kualitas guru anak-anaknya, oleh karena itu para wali murid berinisiatif untuk iuran bersama unutk membayar guru les untuk mengajar. Yang guru aslinya disuruh tidak usah ngajar. untuk itu wakil gubernur DKI tersebut berniat untuk memperbaiki kinerja kinerja para guru-gur PNS tersebut, kalau mereka tidak bisa meningkatkan kualitas maka akan kami pecat, sekalipun mereka sudah PNS,ucap Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) yang resmi dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).dimana isinya akan memecat guru-guru yang kompetensinya kurang baik. 

UU ASN dianggap bisa lebih membuat para guru yang statusnya sudah PNS di DKI Jakarta tidak merasa berada di titik nyaman.karena selama ini kebanyakan guru di Jakarta menjadi lebih cuek apabila sudah diangkat menjadi pegawai negeri, dan kurang mengutamkan kualitas, ini ditambahkan oleh Mantan Bupati Belitung.

kata Ahok sapaan Basuki di Balai Kota Jakarta, Jumat, 2 Mei, 2014. "Dulu pernah dites hasilnya lebih dari setengah guru di DKI nilainya di bawah 50, kan gawat. Begitu UU ASN keluar, kita mau pecat-pecatin guru PNS yang kerjanya tidak benar," 

"Memang tidak semuanya guru kita jelek. Tapi pada umumnya begitu punya sertifikat, mereka jadi cuek. para guru-guru PNS mereka beranggapan kalau udah menjadi PNS gak bakal bisa dipecat.Emang lu pikirin gue takut dipecat?" Ahok mencontohkan.

Memang pendapat dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) ada benarnya juga, tidak hanya didaerah Jakarta saja,akan tetapi disemua daerah banyak banyak guru yang lebih mementingkan bagaimana bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi, tanpa diimbangi profesionallitas diri. itu menurut banyak survey. 

bagaimana dengan guru-guru didaerah anda, apakah sudah benar-benar profesional dan sesuai dengan tunjangan yang didapatkannya ???



Sumber : http://us.metro.news.viva.co.id/

SISWA DI INJEMUR SORONG, PAPUA BARAT " JIWANYA MASIH MERAH PUTIH "



Hari ini Mendikbud berkunjung ke daerah ujung Indonesia tepatnya di SD Inpres 01 Injemur Sorong Papua Barat, dengan meninjau langsung keadaan pendidikan di ujung Indonesia Muhamad Nuh sadar betapa jauh kesenjangan khusunya dibidang Pendidikan.

Di daerah Injemur Sorong Papua Barat tersebut, berdiri bangunan 6 lokal yang digunakan untuk belajar siswa SD dan SMP. Total siswa baik SD dan SMP sekitar 100 siswa. SD Inpres 01 Injemur ini berada di tengah hamparan lapangan yang sebagian masih rawa-rawa. Untuk mencapainya, diperlukan waktu 2 jam dari Kota Sorong.

Pada saat melakukan kunjungan tersebut, Muh Nuh disuguhi Para siswa yang  menyanyikan lagu Indonesia raya yang merupakan lagu kebangsaan kita. Mereka dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya yang membuat Mendikbud terhanyut. Dengan sapu tangan, M Nuh menyeka air mata yang menetes perlahan, seiring 20 siswa menggetarkan ruangan dengan lagu kebangsaan itu.

Mendikbud M Nuh tidak kuasa menahan air matanya di depan siswa SD Inpres 01 Injemur, Sorong. Kepada para guru, pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

kata Mendikbud di SD Inpres 01 Injemur, Sorong, Papua Barat, Kamis (8/5/2014)."Saat anak-anak tadi menyanyikan lagu Indonesia Raya, saya meneteskan air mata. Saya terharu, anak-anak yang ada di pelosok Indonesia, jiwanya masih Merah Putih," 

Muhamad Nuh sebagai menteri pendidikan juga mengatakan "Indonesia bukan Jakarta saja tapi dari Sabang sampai Merauke,"  .

Pada kesempatan yang sama Hadir juga guru-guru yang tergabung dalam program Sarjana Mendidik di Daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (SM-3T). Mereka mendapat honor Rp 2,5 juta per bulan untuk mengajar di pelosok Papua.

"Kami ucapkan terimakasih setinggi-tingginya, bagi para guru yang sudi mengajar didaerah-daerah terpencil Itu sungguh tugas yang sangat mulia. . Bukan berjuang di dunia pendidikan semata tetapi juga kemanusiaan," ucap M Nuh. 





Bagi anda yang ingin berpartisipasi dalam memajukan Pendidikan Indonesia didaerah pelosok dan terpencil silahkan daftarkan diri anda di INDONESIA MENGAJAR.


Sumber : detik.com

VIRUS KORONA MERS, DAN CARA PENYEBARANNYA



Dunia dikejutkan munculnya virus baru yang cukup berbahaya dan mematikan. Virus ini diprediksi penyebarannya lewat Binatang Unta yang dapat menginfeksi manusia.
WHO menyebutkan lebih dari 250 orang dipastikan terinfeksi virus korona MERS  dan 93 orang meninggal dunia. Tetapi pemerintah Arab Saudi menyebutkan jumlah kasus yang lebih besar dengan jumlah kasus mencapai 300 dan 100 orang meninggal.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh  tim dari Universitas Columbia, Universitas King Saud, dan EcoHealth Alliance, virus korona MERS di Timur Tengah  diduga unta sebagai sumber penyebaran penyakit ini. 
Meski tidak semua terinfeksi,  jenis virus yang secara genetik hampir identik dengan virus yang menginfeksi manusia. Penelitian ini dilakukan oleh Organisasi kesehatan dunia (WHO) sebelumnya telah mengeluarkan peringatan mengenai bahaya MERS (Middle East Respiratory Syndrome). 

kata Abdulaziz Alagaili dari Universitas King Saud. Para ilmuwan telah melakukan tes genetik pada virus yang diambil dari sapuan hidung hewan. "Dari data ini kini kami meneliti rute potensial terjadinya infeksi pada manusia yang terpapar susu unta atau dagingnya,"  

Virus MERS ini telah menginfeksi orang di Jordania, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Mesir, Emirat Arab, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Inggris, Tunisia, Malaysia, dan Filipina.

Hingga saat ini belum diketahui pola penularan dan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan. Kebanyakan orang terinfeksi oleh beberapa tipe genetik MERS, tetapi unta membawa berbagai jenis virus. 

"Jenis virus yang terbatas pada manusia dan jumlah yang sangat banyak pada unta mungkin menjelaskan mengapa penyakit ini lebih sedikit pada menusia karena hanya sedikit tipe virus yang bisa menular antar spesies," kata Thomas Briese, direktur Center for Infection and Imunity di Universitas Columbia.


Potensi penularan virus ini cukup besar,sehingga kita perlu membekali diri dengan informasi terkait penyakit MERS, berikut informasi terkait virus Mers :

1. Mematikan : Menurut WHO, sekitar sepertiga orang yang terinfeksi virus MERS meninggal       dunia. Kebanyakan kasus yang fatal terjadi pada orang lanjut usia dan orang yang sudah           memiliki gangguan medis.

2. Belum ada obatnya : Tidak ada terapi pengobatan penyakit MERS. Orang yang terinfeksi     akan diberikan terapi pendukung sesuai gejala-gejala yang dialami. Vaksinnya juga belum         ditemukan.

3. Gampang menular : Arab Saudi adalah sumber penularan pertama, dengan jumlah kasus       mencapai 378 dan 107 kematian. Tetapi sedikitnya ada 14 negara yang juga melaporkan         kasus penyakit ini, antara lain Mesir, Jordania, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, Tunisia,             Malaysia, Oman, Perancis, Yunani, Italia, Inggris, Filipina, dan kini Amerika Serikat.

    Virus korona penyebab penyakit ini menular antar manusia melalui kontak dekat. Tetapi             virus ini juga diektahui menyebar antar hewan.

4. Mirip flu : Gejala infeksi MERS antara lain demam dan batuk, sangat mirip dengan flu.               MERS juga bisa menyebabkan diare dan sesak napas, dan bisa menyebabkan komplikasi       berupa radang paru dan gagal ginjal.

5. Berasal dari unta dan kelelawar : Meski sumber pertama MERS masih belum diketahui,        tetap para ilmuwan menduga kuat penyakit ini berasal dari unta. Penelitian mengonfirmasi        unta dan kelalawar di Arab Saudi positif memiliki virus ini.

Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS) kini telah menyebar luas ke berbagai belahan dunia. Penyakit yang disebabkan oleh virus korona ini sudah menyebabkan 100 kematian di berbagai negara.

Meski kasus MERS belum ditemukan di Indonesia, kita tetap perlu waspada terhadap penyakit ini. Selain jumlah tenaga kerja Indonesia yang banyak di negara Timur Tengah, tak sedikit pula warga Indonesia yang bepergian ke Arab Saudi untuk ibadah umroh.

Semoga dengan informasi ini dapat membuat kita semua berjaga-jaga dan waspada akan segala kemungkinan yang terjadi.


Sumber : http://health.kompas.com/

PENETAPAN HARI LIBUR DAN CUTI BERSAMA NASIONAL TAHUN 2015


Pada Selasa, 7 Mei 2014 di kantor Kemenko Kesra, Jakarta Pusat 4 kementerian dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri tentang Penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2015.
Dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri :
1. Menteri Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono
2. Menteri Agama Suryadharma Ali
3. Staf Ahli Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Rusdianto
4. Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Abdul Wahab Bangkona.

Masyarakat Indonesia akan memiliki jumlah hari libur nasional dan cuti bersama sebanyak 19 hari Pada tahun 2015, Sesuai keputusan yang disepakati dan ditandatangi oleh para pejabat negara tersebut.

Menurut Menteri Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan Penetapan cuti bersama ini agar para pegawai terutama PNS bisa lebih efektif bekerja.Yang kesulitan untuk mengatur waktu cutinya bisa memanfaatkan keputusan cuti bersama ini. Untuk sisa waktu cutinya itu tergantung dari individu masing-masing. Pihaknya sengaja hanya merancang dan menetapkan jumlah 4 hari sebagai jumlah hari cuti bersama di tahun 2015. Menurutnya hal itu dilakukannya demi efisiensi dan produktivitas kerja pegawai. 

Berikut adalah daftar hari libur dan cuti bersama nasional untuk tahun 2015 yang disahkan dalam rapat ini.

1. Kamis, 1 Januari 2015: Tahun Baru 2015.

2. Sabtu, 3 Januari 2015: Maulid Nabi Muhammad SAW.

3. Kamis, 19 Februari 2015: Tahun Baru Imlek 2566 Kongzili.

4. Sabtu, 21 Maret 2015: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1937.

5. Jum'at, 3 April 2015: Wafat Yesus Kristus.

6. Jum'at, 1 Mei 2015: Hari Buruh Internasional.

7. Kamis, 14 Mei 2015: Kenaikan Yesus Kristus.

8. Selasa, 2 Juni 2015: Hari Raya Waisak 2559.

9. Jum'at - Sabtu, 17 - 18 Juli 2015: Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah 
    (Cuti bersama Idul Fitri:15, 16, dan 20 Juli 2015)

10. Senin, 17 Agustus 2015: Hari Kemerdekaan RI.

11. Kamis, 24 September 2015: Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah.

12. Rabu, 14 Oktober 2015: Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah.

13. Jum'at, 25 Desember 2015: Hari Raya Natal (Cuti bersama Natal: 24 Desember 2015)

 Jumlah hari cuti tahunan untuk PNS adalah 12 hari. Dengan disepakatinya SKB ini, berarti setiap pegawai memiliki hak 8 hari cuti di tahun 2015 yang boleh ditentukannya sendiri.Tidak ada keberatan dari pejabat-pejabat kementerian yang hadir terhadap keputusan ini. 

Menteri Agama Suryadharma Ali, hanya memberikan catatannya mengenai penetapan cuti bersama untuk libur Hari Raya Idul Fitri. 

"Hari Idul Fitri itu ditetapkan melalui sidang Itsbat. Jadi bisa saja nanti jatuh antara tanggal 16, 17, atau 18. Mohon diberi foot note untuk penetapan cuti bersamanya," ujarnya. 

Agung Laksono Menanggapi pandangan tersebut, mengharapkan supaya tidak ada perubahan antara hasil sidang Itsbat tahun mendatang dengan tanggal Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh kementeriannya pada hari ini. "Semoga hasil sidang Itsbat nanti sama," ujarnya.

Demikian hasil rapat dalam pembahasan hari libur dan cuti bersama nasional untuk tahun 2015, bagi anda para PNS yang punya rencana unutk mengambil cuti, mungkin ini bisa menjadi pengambilan cuti ditahun depan. 



Sumber : http://nasional.news.viva.co.id/


FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

iklan5-skema2



Konsep kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang sangat fantastis, dimana kurikulum 2013 ini merupakan kurikulum sebelumnya yang dipakai dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan kali ini kita mencoba mencermati faktor-faktor yang apa saja yang mempengaruhi keberhasilan Kurikulum 2013.
Ada 2 faktor besar dalam ke­ berhasilan kurikulum 2013 :
1. Faktor Penen­tu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependi­dik­an (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. 
2. Faktor pendukung yang terdiri dari 3 unsur:
    a. Ketersediaan buku sebagai ba­han ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pem­bentuk kurikulum
    b. Penguatan peran pemerintah da­am pembinaan dan penga­wasan
    c. Penguatan ma­naj­emen dan budaya sekolah.

iklan5-skema1

Kemdikbud sudah mende­sain­­ strategi penyiapan guru se­­bagaimana digambarkan pa­da skema penyiapan guru yang melibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat, Berkait dengan faktor perta­ma.
Instruktur diklat terdiri atas unsur :
1. Dinas pendidikan
2. Dosen
3. Widya­swara
4. Guru inti
5. Pengawas
6. Ke­­pala sekolah
Guru uta­ma me­liputi :
      a. Guru inti
      b. Penga­was
      c. kepala sekolah
Guru terdiri atas :
      a. Guru kelas, 
       b. Guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Empat aspek yang harus dimilki guru dalam memberikan perhatian khusus dalam rencana implementasi dan ke­terlaksanaan kurikulum 2013 :
    1. kompetensi pedagogi
    2. kompetensi akademik (keilmuan)
    3. kompetensi sosial
    4. kompetensi manajerial atau kepemimpinan. 
Kesiapan guru lebih penting­ daripada pengembangan kuri­kulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemung­kinan terjadinya perubahan.

iklan5-gbr1
Disinilah guru berperan be­sar di dalam mengimplementa­sikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Guru ke depan dituntut tidak hanya cer­das tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Tunjangan profesi adalah sebuah apresiasi dari pemerintah terhadap para guru-guru yang benar-benar berkualitas dan profesional. untuk itu seorang guru diharapkan tidak hanya mengharapkan tunjangan profesi saja, akan tetapi harus diimbangi dengan kinerja yang baik serta profesioanl, terutama dapat mensukseskan kurikulum 2013.

Sumber : http://www.kemdikbud.go.id/

BOCORAN UN SMP BEREDAR LEWAT BBM

Aksi curang kembali terjadi tepatnya disebuah Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di wilayah Gambir, Jakarta Pusat. menurut X (14) salah seorang siswi disekolah tersebut bahwa ada Bocoran kunci jawaban untuk mata pelajaran Matematika diperoleh lewat BlackBerry Messenger (BBM).
Segala cara dilakukan para pelajar untuk bisa mengerjakan dan mendapat nilai baik di mata pelajaran matematika. Termasuk dengan membeli kunci jawaban UN atau biasa disebut bocoran UN. 
Mata pelajaran Matematika dalam Ujian Nasional (UN) memang menjadi Mata pelajaran paling menakutkan bagi para peserta didik.Maka, ketika mengikuti UN tingkat SMP untuk mata pelajaran Matematika, saya akan lakukan apa saja sekalipun curang untuk dapat lulus mata pelajaran ini, ungkap X Selasa (6/5), 
Baru tadi pagi dapat (bocoran Matematika) pukul 08.00 lewat BBM," kata X Selasa (6/5/2014).Padahal, pada pelaksanaan UN hari pertama, Senin (5/5), dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, ia tidak melakukan hal itu. "Kalau kemarin, soal Bahasa Indonesia, nggak ada bocorannya. 
Pengawas disekolah kami kurang, jadi para pelajar dengan gampang membawa handphone ke ruang ujian, sekalipun pihak sekolah menyuruh menaruh tas dan handphone di suatu ruangan laboratorium. ungkap X.
Apalagi disekolah kami belum terpasang closed circuit television (CCTV) di dalam ruangan ujian. Hal itu memudahkan peserta UN untuk membuka kunci jawaban lewat BlackBerry.
"Isu yang beredar memang dari semalam isu bocoran soal sudah saya terima lewat grup di BBM dan baru paginya semua kunci jawaban ada di dalam grup BBM," tutur pelajar itu.
Kemudian, untuk memastikan bocoran jawaban UN Matematika itu cocok dengan soal UN yang didapat siswa dari seorang pengawas, ada sebuah petunjuk (clue).
X tetap meyakini bocoran jawaban UN Matematika yang dibelinya lewat BBM itu benar  "Yakin bener lah kunci jawaban soalnya. Soalnya ada clue-nya dengan pertanyaan nomor pertama dan dicocokan dengan kunci jawaban. Tapi, saya tadi susah untuk mengeluarkan handphone," katanya.
Padahal, soal UN sudah dibuat dengan variasi sebanyak 20 paket. Hal ini dilakukan agar tidak ada kecurangan seperti saling bekerja sama antarsiswa atau mencontek. namun masih saja ada cara-cara yang digunakan para perusak mental para pelajar kita untuk menyebarkan bocoran UN.
bagaimana dengan tanggapan anda mengenai informasi ini???  Siapakah yang harus disalahkan ???
semoga kita bisa mengambil segi positif dari berita ini. berita ini saya kutip dari
http://wartakota.tribunnews.com/

PERTANYAAN DAN JAWABAN SEPUTARAN APLIKASI TERBARU BSD 2.07


Mari kita bersama-sama menyimak beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering muncul dan dipertanyakan Operator Sekolah, berkenaan dengan proses pengolahan data DAPODIKDAS. Masalah-masalah ini biasanya   yang membuat galau para OPS diseluruh Indonesia.
Pertanyaan dan jawaban ini langsung dibuat oleh bapak Ibnu Aditya Karana, sebagai solusi bagi rekan-rekan OPS yang masih galau, silahkan simak dibawah ini :
1. Apakah yang menyebabkan Gagal terkoneksi dengan server ??
    Jawabannya: mungkin akses ke server sedang padat atau jaringan local yang idak stabil, terus                  bagaimana kirim datanya ?? minta tolong saja ke Operator Tunjangan di Dinas Pendidikan Kab/Kota      masing2 untuk di upload melalui aplikasi Tunjangan Profesi.

2. Kenapa waktu back up data gagal terus dan ukuran hasil backup nya masih di bawah 1kb?? 
    Jawabannya : kembali lagi saya ingat kan untuk membaca panduan instalasi dan penggunaannya. di        mana mas panduannya ??
     
3. Apakah bedanya antara BSD 2.07 dengan BSD yang lama ? 
    JAWABANNYA : beda dengan sebelumnya krn BSD 2.07 ini operator sekolah secara mandiri bisa         mengirimkan langsung ke server P2TK Dikdas selama terhubung dengan internet
4. Kapan BSD di proses ??
    dari hari Senin tanggal 5 Mei 2014 dan hasilnya monggo di lihat di Lembar Info PTK a.k.a. LTD                
5. Kenapa Data yang sudah valid sekarang jadi merah2 ??
    Jawabannya : ayo di lihat lagi sekarang harusnya sudah tidak bermasalah lagi karena itu yg merah2         biasanya bermasalah pada mapel kuncian bagi guru yang sudah terbit SK TPP nya, jadi kalau sudah       SK TPP trus merah2 nga usah galau lah. Enjoy aja.

6. Kalau udah sync dan berhasil apa harus kirim BSD lagi ?? 
    Jawabannya : melakukan syncron wajib di lakukan namun kirim BSD lebih wajib lagi, karena apa ??         karena P2TK hanya menggunakan data dari BSD untuk keperluan tunjangan, penilaian angka kredit         [PAK], jabatan Fungsional [Inpassing bagi Guru Bukan PNS] dan lain2, dan juga kan keaktifan harus       di centang hingga juni.

7. Tapi ini sudah kembali normal koq riwayat pendidikan masih tidak terdeteksi ???
     Jawabannya : sebenar nya riwayat pendidikan tidak berpengaruh terhadap penerbitan SK TPP tapi        bagi yang galau solusinya adalah :Silahkan kirim BSD lagi sepertinya ada beberapa riwayat                      pendidikan yang tidak ketarik tapi pake Aplikasi BSD yang baru.

nah demikian informasi terbaru, semoga dengan menyimak beberapa pertanyaan dan jawaban seputaran DAPODIKDAS ini bisa memberikan solusi bagi rekan-rekan OPS.
nah bagi yang membutuhkan aplikasi BSD, panduan instalasi dan penggunaannya dan ingin cek info PTK bisa ikuti link-link dibawah ini. semoga bermanfaat.

PENJELASAN MAPEL TIK YANG DIHAPUSKAN OLEH MENDIKBUD

Kontroversi di dalam dunia pendidikan khususnya dalam pelaksanaan kurikulum 2013 belum menemui titik temu, khususnya mengenai dihapuskannya mata pelajaran TIK di SD sampai SMA. menurut kami para guru-guru TIK menupakan tindakan yang tidak adil, apabila TIK harus dihapus dari mata pelajaran, karena bagaimanapun selain untuk meningkatkan kemampuan di bidang IPTEK, kami sebagai guru TIK juga ingin memperoleh tunjangan Profesi seperti guru-guru yang lain. Sama-sama kerja kok dibedakan !

berikut ini saya kutipkan penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengenai permasalahan mata pelajaran TIK yang dihapuskan, silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pro dan kontra di kalangan guru mengenai Dihapusnya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang SD-SMA dari Kurikulum 2013 menimbulkan. Sebagian dari mereka mempertanyakan bagaimana nasib guru TIK, ketika mata pelajaran TIK tidak lagi menjadi mata pelajaran wajib.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, ia telah berdiskusi dengan perwakilan yang mengatasnamakan Asosiasi Guru TIK Nasional, pada 2 Mei lalu, yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Dalam dialog tersebut ada tiga wilayah yang dibahas bersama.
 
1. Mereka sadar bahwa selama ini siswa membawa buku terlalu banyak ke sekolah, karena mata pelajarannya memang       banyak,” kata Mendikbud saat memberi keterangan pers usai sidak pelaksanaan ujian nasional jenjang SMP di                 Kepulauan Seribu, Senin (05/05/2014).
 
2. Dalam mendidik harus dilihat tujuannya. Apa yang diharapkan pada lulusan SD, SMP, dan SMA. Setelah ditetapkan         obyeknya, kata dia, baru ditetapkan kebutuhan materi yang akan diberikan kepada siswa.
 
Dalam kasus guru TIK, Mendikbud menjelaskan, kompetensi yang dimiliki guru TIK tentu tidak sebatas ilmu komputer saja. Karena untuk menjadi lulusan dengan kompetensi ilmu komputer, guru pasti dibekali ilmu dasar lainnya. “Itulah mengapa, bisa gurunya dikonversi ke mata pelajaran lain, yang penting hak-hak dasar yang melekat pada guru TIK itu   tidak hilang,” katanya.
 
Selain dengan konversi ke mata pelajaran lain, penempatan guru TIK bisa dengan memasukkan mata pelajaran TIK dalam muatan lokal. Sekolah, kata Mendikbud, bisa menambah muatan lokal TIK. “Yang jelas tidak ada PHK untuk guru TIK. Nyari guru aja susah, yang ada malah mau diPHK. Tentu tidak seperti itu,” pungkasnya.

dengan menyimak penjelasan dari Nuh ini apakah anda setuju, apakah anda menolak, apakah anda belum puas dengan jawaban tersebut ???
bagaimana dengan kesenjangan antara guru mata pelajaran yang lain dengan mata pelajaran yang lain ???

mungkin memang harus perlunya pengkajian dan pemikiran ulang untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, supaya penghapusan mata pelajaranTIK kesannya hanya sepihak, tetapi tidak memikirkan nasib para guru TIK. 
mudah-mudahan pendapat anda sama dengan pendapat saya.


Sumber : http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita

PTK GALAU GARA-GARA REKENING TUNJANGAN PROFESI YANG BERMASALAH

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi seputar informasi tentang rekening tunjangan profesi yang bermasalah. informasi ini berasal dari bapak Makhmudin berikut kutipannya :
Banyak PTK Galau gara2 Terbit Rekening Tunj. Profesi di Bank Bukan dekat wilayahnya : banyak pertanyaan terlontar dan mungkin juga makian kepada pengelola, sehingga :

    - Ini pengelola kok 90xxxx bnget ya, tinggal di metro kok dibukain 
      rekening di boyolali (wedeww)

    - pada berbondong-bondong buat Rekening tanpa komando

    - tanya staf bank tapi jawabannya harus buat baru/ini tidak bisa
      begini/bigitu.

   
Harap dicermati penjelasan berikut :
Rekening untuk tunjangan langsung dibuatkan oleh Pusat, Dirjend telah bekerjasama (MOU) dg beberapa bank antara lain BRI/MANDIRI/BNI dan bank yg diajukan daerah dan disetujui pusat, dngn beberapa alasan :

1. Mempercepat penyaluran tunjangan dari jutaan guru se Indonesia, Bagaimana Jadinya kalo Rekening     Sekehendak PTK...(kapan Rampungnya, kalo gak selesai-selesai apa gak malah tambah marah2 lo)
    (bayangin donk.... yg diurusin bukan 1 orang sampean saja, Jutaan Guru n tempatnya Plosok2, apa         harus nungguin)

2. BNI/MANDIRI untuk wilayah Kota dan BRI untuk Wilayah Kabupaten (karena BRI telah ada disetiap           Kecamatan/Online)
3. Bank yg ditunjuk harus melaporkan Realisasi penyaluran Tunjangan secepatnya, sehingga jika                 Pengelola Pusat ditanya Atasan (Pak Mentri/Wakil Presiden) langsung bisa menjawab berapa uang       yg sudah tersalurkan. Jika Bank sesuai kehendak PTK Maka laporan ke Pusat 5 tahun belum tentu           mengirim laporan.

4. Rekening yg digunakan hanya tinggal Aktivasi di Daerah tidak harus ke Cabang Tertera.

5. Rekening Tidak Boleh diganti karena menghambat Bank dalam melaporkan Realisasi penyaluran           Tunjangan.

6. Rekening telah disepakati tidak bisa mati sekalipun tanpa saldo kecuali permintaan yg bersangkutan.     (tapi didaerah banyak rekening mati karna Pihak banknya lom paham MOU ini.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami agar para PTK tidak galau dalam menyikapi masalah-masalah yang timbul berkaitan dengan tunjangan profesi. 

LIHAT JUGA INFO INI

Powered by FeedBurner

DN Webs weblinkexchange.ownpeg.com

Designed By Seo Blogger Templates
//add jQuery library